Home » » Yamaha vega 2 cylinder L Twin

Yamaha vega 2 cylinder L Twin

Written By Unknown on Minggu, 04 Agustus 2013 | 21.45


Apa kabar saudara otomotif 
Sekarang ini modifikasi mesin 2 cylinder telah menjalar keseluruh daerah di Indonesia..... awalnya memodifikasi motor 1 cylinder menjadi 2 cylinder adalah hal yang sangat tidak masuk akal...namun setelah modifikator asal purwokerto mencoba bereksperiment dengan motor Vespa,Binter dan Honda CB lawasnya, lalu akhirnya dia berhasil dan menghasilkan Sound dari suara kenalpot yang luar biasa cool, yaitu sekitar 11/12 dengan motor harley davidson.

akhirnya ide dan eksperimen ini menginspirasi banyak orang untuk mencoba hal baru tersebut...selang beberapa tahun dari kemunculan motor-motor modif ekstrem tersebut barulah bermunculan motor-motor serupa dari jenis kendaraan yang berbeda-beda salah satunya seperti yang saat ini ingin di ulas oleh I B L J yang yang menggunakan motor bebek sebagai bahan modifikasinya...Yamaha Vega 2 cylinder L twin






Yamaha Vega 2 Cylinder L twin
Padahal awalnya ini cuma iseng-iseng, namun akhirnya dodi asal sumedang jawa barat ini merasa tertantang untuk membuatnya secara serius meski hanya dari sebuah desa kecil di sumedang. Dengan menganalisa rancangan basic konstruksinya yang berawal dari modif kruk as satu stang seher menjadi 2 stang seher, dengan cara memodifikasi bagian-bagian dari komponen stang seher dan daun kruk as dengan memapas bagian pada sisinya di antaranya memapas daun kruk as sebelah kanan sebanyak 3mm daun kruk asa sebelah kiri 3,5mm, kemudian memapas stangsehernya total 1,5mm, dan berikut ini hasil modifikasinnya.

Kruk As Modifikasi 2 Cylinder


Langkah selanjutnya adalah, doni membuat dudukan baru untuk blok cylinder yang ingin di tanam di mesin Vega menjadi 2 Cylinder, dengan cara mencoak bagian tengah atas Crankcase kemudian di tanam adaptor yang sebelumnya memang sudah di buat menyerupai posisi dudukan aslinya dimana bentuknya seperti paking alumunium tebal. Setelah menemui titik centernya kemudian bagian pingirnya di lasbabet alumunium untuk mengisi kekosongan dari Crankcase yang di coak tadi.
Crankcash yang di coak adalah bagian tengah atas, kemudian Crankcase di tanami adaptor.

Setelah posisi gigi sentrik dirasa posisi dan ukuran tingginya pas, karena letaknya bersebelahan pada bagian lengan kruk as, otomatis posisi blok tidak sejajar center. Permasalahan ini di atasi oleh dodi dengan cara menggeser Linier dari salah satu blok tersebut sebanyak kurang lebih 7mm. Permasalahan baru timbul karna dengan bergesernya linier sirip blok, blok banyak yang robek, solusinya adalah dengan di las alumunium. Hal ini lah yang menurut dodi menjadi titik yang paling sulit. 
Piston cukup menggunakan piston kepunyaan Karisma, dan di padu dengan struk standar. Ini menghasilkan kapasitas mesin menjadi 120cc per cilindernya. Jika di dikalikan 2 makan menjadi 240cc.  Pada sektor pengapian semuanya serba ganda. Dari Pulser, koil, CDI kecuali magnet.


Spesifikasi :



Piston : Karisma
Kruk as : Std Custome
Cam : Jupiter
Klep : Standar
CDI : Jupiter
Ratio : Standar
Pulser : 2 buah
Koil : 2 buah
Cdi : 2 buah

0 komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Diberdayakan oleh Blogger.